Akibat Dari Rotasi Bumi dan Pengertian Rotasi Bumi

Apakah kalian tahu jika bumi yang kita tinggali ini tidak diam saja ditempatnya, bumi mengalami perputaran pada porosnya yang disebut dengan rotasi bumi, bumi berputar pada porosnya sekali selama 24 jam, lalu jika bumi berputar mengapa kita tidak merasakannya dan mengapa benda-benda tetap dapat berdiri tegak ditempat nya. karena kita sama-sama bergerak dipermukaan bumi dengan kecepatan konstan.

Sebenarnya tanpa disadari sudah ada beberapa akibat yang timbul akibat dari rotasi bumi tetapi kemungkinan kalian tidak menyadarinya .
Ini dia beberapa akibat dari rotasi bumi :

  • Terjadi Siang dan Malam, karena bumi melakukan rotasi, akibat dari rotasi tersebut akan ada bagian bumi yang tidak terkena sinar matahari yang disebut malam hari dan bagian yang terkena sinar matahari mengalami siang hari. Oleh sebab itu mengapa ketika di Indonesia sedang mengalami fenomena siang hari justru dibeberapa negara yang sangat jauh mengalami fenomena malam hari.
  • Terjadinya Gerak Semu Matahari, pernahkah kalian melihat letak matahari ? terkadang ia dikiri anda lalu semakin siang ia seperti bergerak keatas anda seakan-akan matahari yang mengelilingi bumi.
  • Terjadinya Perbedaan Waktu Antar Wilayah, Bumi terbagi menjadi 24 bagian waktu dan greenwich di Inggris, dilalui garis bujur 0 sehingga ditetapkan sebagai pusat daerah waktu didunia, setiap selisih 15 derajat mengalami selisih satu jam.
  • Terjadinya Jet lag, jet lag adalah suatu kondisi psikologis akibat perubahan ritme circadian, perubahan ritme tersebut akibat perjalanan melewati meridian dan panjang nya hari yang berubah, sebagai contoh ketika orang amerika yang sedang mengalami malam hari (jam biologis tidur) menuju indonesia akibat karena selisih waktu amerika dan indonesia 12 jam (siang hari), menyebabkan orang amerika tersebut harus menyesuaikan diri dengan kondisi di Indonesia yang sedang mengalami siang hari.
  • Berfungsi nya satelit,satelit dapat memancarkan sinar dari matahari, sehingga ketika malam hari bulan menerangi bumi.
  • Terjadinya Pembelokan Angin, menurut hukum Buys Ballot angin bertiup dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah.
  • Terjadinya Efek Coriolis
  • Terjadinya perbedaan percepatan gravitasi

0 Comments:

Post a Comment

Kalian boleh copas artilkel yang ada di website ini, asalkan mencantumkan sumber dan tidak perlu tanpa ijin saya